031-3956044
smkyasmu@yahoo.co.id
Jl. Ky. Sahlan I/24 Manyarejo, Gresik, Jawa Timur, INA 61151
blog-img
18/08/2019

MARCHING BAND Kegiatan Ekstrakurikuler Eksklusif di Sekolah

Muhammad Syaifullah | Ekstrakurikuler

Marching band dan drum band bisa dibilang sebagai perpaduan antara unsur kedisiplinan dan seni.

Siswa SD, SMP hingga SMA / SMK  khususnya banyak meminati kegiatan itu sebagai satu ekstrakurikuler favorit yang eksclusif karena didukung dengan fasilitas mempuni yang tidak murah.

Drum band, istilah drum band digunakan di Indonesia, yaitu suatu kelompok orkes barisan musik yang lebih banyak memainkan alat pukul sepertisnare drum, bass drum, toms, atau bellyra. 

Sedangkan marching band adalah sekelompok barisan orang yang memainkan satu atau beberapa lagu dengan menggunakan sejumlah kombinasi alat musik (tiup, perkusi, dan sejumlah instrumen pit) secara bersama-sama. Penampilan orkes barisan merupakan kombinasi dari permainan musik (tiup, dan perkusi) serta aksi baris-berbaris dari pemainnya.

Secara umum, drum band dan marching band adalah perpaduan musik, baris-berbaris, gerak tari dan irama yang menjadi ekstrakurikuler eksclusif bagi siswa.

Perkembangan marching band di SMK YASMU pun meningkat, trend akan adanya kegiatan siswa yang berkarya di bidang seni ini pun kian diminati.

"Aktif di ekstrakurikuler ini tentunya juga menambah nasionalisme. Dan prestasi dari hasil kerja keras yang cukup menyita waktu dan fisik menjadi bekal untuk mencapai hal positif lainnya di masa depan," katanya.

Ia pun menuturkan bahwa marching band SMK YASMU Manyar sudah beberapa kali menjuarai kompetisi marching band di tingkat Provinsi Jawa Timur.

Rodhifah,S.Pd. Waka Urusan Kesiswaan SMK YASMU menambahkan Kegiatan marching band ini juga berfungsi sebagai penyaluran agretivitas dan emosi remaja secara positif. Fungsi Kesenian yakni menjembatani kekurangan pendidikan musik pada pendidikan formal di sekolah, Marching Band juga berkaitan erat dengan seni tari kontemporer dan tradisional. Fungsi Sosial, kontribusi lain adalah bahwa Mmarching band dapat meningkatkan kemampuan sosial dan individual seseorang.

bahwa remaja yang aktif dalam kegiatan marching band dapat meningkatkan kemampuan sosial kemasyarakatan dan berorganisasi, misalnya ia yang awalnya penyendiri kini bahkan bisa menjadi pemimpin dengan menjadi ketua marching band, jelas Rodhifah, S.Pd.

Bagikan Ke:

Populer